Ali Mazi Gandeng Surya Istitute untuk Tingkatkan SDM Sultra

  • Bagikan
Gubernur Ali Mazi dan Wakilnya, Lukman Abunawas.
Gubernur Ali Mazi dan Wakilnya, Lukman Abunawas. Foto: Istimewa.

Kendari, SULTRAINFORMASI.COM – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi mengandeng Surya Istitute untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) pada jenjang Sekolah Mengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Keberhasilan Surya Istitute pada Ambon Pintar Matematika dan Program Daerah menjadi alasan Ali Mazi menjalin kerja sama dengan Surya Institute.

Melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Ketua Dewan Pembina Surya Insititute, Yohanes Surya, Ali Mazi percaya bahwa kualitas pendidikan siswa-siswi di Sultra dapat berkembang.

Ketua Dewan Pembina Surya Insititute, Yohanes Surya.
Ketua Dewan Pembina Surya Insititute, Yohanes Surya. Foto: Istimewa.

“Tentu banyak anak-anak kita tingkat SMA maupun SMK memiliki cita-cita tinggi melanjutkan pendidikan ke luar negeri, ataupun juga ingin berkompetisi pada ajang bergengsi dalam bidang ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, Pemprov Sultra tak hentinya mencari akses untuk memfasilitasi keinginan dan impian tersebut, di antaranya dengan menggandeng Surya Institute,” ujar Ali Mazi

Dengan adanya kerja sama tersebut, siswa-siswi di Sultra yang mempunyai motivasi belajar bisa terus meningkatkan kualitas diri mereka.

“Dikbud Sultra akan melihat anak-anak kita di daratan hingga kepulauan di Sultra, yang memiliki motivasi belajar tinggi tanpa melihat latar belakang sosial ekonomi orang tuanya. Sehingga tahun 2022, Pemprov Sultra telah memiliki utusan-utusan yang siap dikirim untuk mengikuti proses penempaan di Surya Institute,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra, Asrun Lio mengungkapkan, dengan adanya kesepakatan tersebut, pihaknya akan mulai mengirimkan 20 orang siswa pada tahun 2022 untuk belajar di Surya Institute.

“Surya Institute ini telah memiliki reputasi sangat baik dalam mencetak juara-juara olimpiade seperti di Papua. Olehnya, Gubernur Sultra mengharapkan bisa membuat projek serupa untuk Sultra, di mana setiap tahunnya akan mengirim utusan,” pungkasnya.

Laporan: Ardian
Editor: Erfin

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *