Ini Kronologi Kebakaran Rumah Runner Up V Puteri Indonesia 2022, Arina Rezkyana Arfa

  • Bagikan
Ka Tim Damkar Pemkab Kolaka, Harlis Sea. Foto: Istimewa.
Ka Tim Damkar Pemkab Kolaka, Harlis Sea. Foto: Istimewa.

KOLAKA, SULTRAINFORMASI.COM – Baru baru ini telah terjadi sebuah insiden kebakaran yang melanda Rumah milik Runner Up (RU) V Puteri Indonesia 2022, Arina Rezkyana Arfa.

Lokasi Kebakaran tersebut berlokasi di Jalan Dr Sam Ratulangi, Kelurahan Lamokato, Kecamatan Kolaka, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, pada Minggu (31/07/2022) sore tadi.

Kasubsi Penmas Humas Polres Kolaka, Aipda Riswandi, menuturkan, kronologi awal mula kebakaran terjadi. Dari keterangan saksi-saksi, pada pukul 16.20 WITA, saksi bernama Jumadil Basir yang merupakan tetangga rumah korban milik H. Arfah (50) ayah dari Arina Rezkyana Arfa, melihat kepulan asap yang keluar dari jendela kamar lantai dua.

“Setelah itu, Jumadil Basir langsung menuju kerumah korban dan menggedor pintu rumah kemudian pintu dibuka oleh saksi bernama Abil dan saksi bernama Iman, kemudian Jumadil Basir memberitahukan bahwa dilantai dua rumah telah terbakar,” ucap Aipda Riswandi melalui keterangan resminya yang diterima sultrainformasi.com.

Kondisi rumah Arina Rezkyana Arfa usai terbakar. Foto: Istimewa.

Selanjutnya, setelah mengetahui rumah terbakar, Abil yang merupakan keponakan pemilik rumah berlari menuju kerumah orang tuanya dan memberitahukan bahwa rumah dibelakang terbakar, saat itu orang tua saksi langsung menghubungi pihak Pemadam Kebakaran Pemkab Kolaka.

“Memasuki pukul 16.30 WITA, tim pemadam Kebakaran Pemkab Kolaka tiba di lokasi kejadian dan langsung melakukan pemadaman,” katanya.

Lanjut, pada pukul 16.35 WITA, Personil SPK Polres Kolaka yang didampingi personil Polsek Kolaka dan Polsek KPK tiba di lokasi kejadian dan langsung melakukan pengamanan di area sekitar tempat kebakaran.

“Memasuki pukul 17.45 WITA, api berhasil dipadamkan, setelah itu dilakukan pendinginan oleh Tim Damkar Pemkab Kolaka untuk mencari sisa-sisa titik api yang masih berpotensi untuk terbakar,” ujarnya.

“Pada pukul 18.00 WITA tim Damkar Pemkab Kolaka selesai melakukan pendinginan dan tempat kejadian dinyatakan aman dan bebas dari api,” sambungnya.

Kemudian, pada pukul 18.10 WITA, tim inafis Sat Reskrim Polres Kolaka melakukan olah TKP yang dipimpin oleh PS. Kanit Inafis Sat. Reskrim Polres Kolaka AIPTU Darmawan bersama tim.

Tim inafis Sat Reskrim Polres Kolaka melakukan olah TKP yang dipimpin oleh PS. Kanit Inafis Sat. Reskrim Polres Kolaka AIPTU Darmawan bersama tim. Foto: Istimewa.

Aipda Riswandi menambahkan, dari keterangan pemilik rumah, pada saat kejadian Abil dan Iman berada didalam rumah.

“Saat itu keduanya sedang bermain game didalam kamar yang berada dilantai satu,” katanya.

Berdasarkan hasil investigasi dari Ka Tim Damkar Pemkab Kolaka, Harlis Sea, bahwa dugaan sementara sumber api akibat hubungan arus pendek didalam kamar yang berada dilantai dua.

“Kemudian naik ke plafon kamar dan menjalar keseluruh plafon rumah yang berada dilantai atas dengan material terbuat dari kayu dan tripleks,” beberny.

Dia melanjutkan, kebakaran ini tidak ada korban jiwa. Namun kerugian akibat kebakaran tersebut mencapai Rp200 juta.

“Kerusakan rumah sekitar 50 persen dengan total kerugian Rp200 juta,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, tumah milik Runner Up (RU) Puteri V Indonesia 2022 Arina Rezkyana Arfa terbakar di Jalan Dr Sam Ratulangi, Kelurahan Lamokato, Kecamatan Kolaka, Sulawesi Tenggara, pada Minggu (31/07/2022) sekira pukul 16.00 WITA sore.

Hal tersebut dibenarkan langsung oleh sepupu Arina Rezkyana Arfa bernama Rafly Saputra melalui pesan WhatsApp.

“Benar kak, rumahnya Arina Rezkyana Arfa putri Indonesia Sultra 2022. Itu sepupuku, saya tinggal disamping rumahnya,” kata Rafly kepada sultrainformasi.com.

Laporan: Aldho
Editor: Aldho

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.