Bangga! Dua Siswi asal Sultra Terpilih Sebagai Parlemen Remaja DPR RI

  • Bagikan
Salwa Nur Sabila (kiri) dan Rizky Maharani Hidayat Tamrin (kanan). Foto: Dok. sultrainformasi.com.
Salwa Nur Sabila (kiri) dan Rizky Maharani Hidayat Tamrin (kanan). Foto: Dok. sultrainformasi.com.

SULTRA, SULTRAINFORMASI.COM – Dua siswi asal Sulawesi Tenggara (Sultra) bernama Salwa Nur Sabila (15) dan Rizky Maharani Hidayat Tamrin (16) terpilih sebagai anggota Legislatif Parlemen Remaja (Parja) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) periode 2022-2023.

Dirinya terpilih setelah bersaing dengan Siswa-Siswi di Sultra untuk memperebutkan dua kursi Parlemen Remaja DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Sultra.

Kedua Siswi itu masing-masing berasal dari sekolah yang berbeda. Salwa Nur Sabila berasal dari Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Wonggeduku, Kabupaten Konawe, saat ini dirinya duduk dibangku kelas XI MIPA 2.

Sedangkan, Rizky Maharani Hidayat berasal dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Kota Kendari. Rizky saat ini juga duduk dibangku kelas XI IPS.

Tim sultrainformasi.com mencoba menghubungi kedua Siswi tersebut melalui telephone seluler, saat dihubungi dia mengaku terharu setelah dirinya terpilih sebagai Parlemen Remaja DPR RI Dapil Sultra.

Kepada sultrainformasi.com, kedua Siswi itu juga mengaku telah mendapatkan izin dari kedua orang tua. Kata dia, orang tuanya sangat mendukung untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Rizky Maharani Hidayat saat dihubungi sultrainformasi.com mengatakan, dirinya sangat senang setelah dinyatakan terpilih.

Kemudian, pihak sultrainformasi.com menanyakan terakit rasa bangga. Diapun menjawab, dirinya menganggap hal ini masih terlalu awal untuk berbangga diri.

“Karna masih banyak hal yang belum saya capai, kita memang boleh senang dan bangga atas pencapaian kita, tapi jangan sampai rasa tersebut mendorong kita untuk sombong, karna kesombongan adalah pintu kehancuran,” kata Rizky kepada sultrainformasi.com pada Kamis (01/09/2022) malam.

Dia melanjutkan, selain orang tuanya, dia juga mendapatkan dukungan seluruh civitas akademik disekolah.

“Sekali lagi saya terharu dan merasa bersyukur bisa mendapatkan perhatian seramah ini dari lingkungan terdekat,” ujarnya.

Sementara itu, Salwa Nur Sabila dihubungi sultrainformasi.com pada hari yang sama mengungkapkan, diirinya tak menyangka bisa mendapatkan satu kursi Dapil Sultra.

“Alhamdulillah, tidak disangka-sangka saya lolos. Orang tua dan orang-orang sekitar saya seperti guru, teman dan keluarga memberikan respon yang positif semua,” katanya kepada sultrainformasi.com.

Dia juga terharu, terus mendaptkan ucapan semangat dari orang-orang sekitar.

“Kata semangat tak henti-hentinya saya dapatkan. Insha Alllah dengan respon-respon baik dari orang-orang terdekat bisa membuat saya lebih semangat dalam mempelajari banyak hal yang harus saya siapkan sebelum hari H nya,” tutupnya.

“Insha Allah saya diberangkatkan pada tanggal 9 Oktober 2022 mendatang sama Rizky,” tutupnya.

Untuk diketahui, puncak Parlemen Remaja akan diselenggarakan pada 10-14 Oktober 2022 mendatang.

Parlemen Remaja 2022 diselenggarakan berdasarkan surat Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Nomor: B/12993/HM.03.03/7/2022, tanggal 11 Juli 2022 lalu.

Event ini juga merupakan kegiatan tahunan DPR RI yang mengedukasi generasi muda. Sebelumnya, 2 tahun lalu dilaksanakan secara daring (virtual). Pada tahun ini Parlemen Remaja mengusung tema “Generasi Sadar Privasi, Dataku Tanggung Jawabku”.

“Ini adalah program edukasi. Dalam program tersebut para peserta yang yang terdiri dari pelajar SMA se-derajat akan diperkenalkan prinsip-prinsip dasar demokrasi dan keparlemenan,” ucap Indra di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta (4/8/2022) dikutip dari dpr.go.id.

Sebagai lembaga politik, DPR RI berharap agar generasi muda memahami dunia keparlemenan dan tidak alergi terhadap politik. Sehingga program Parlemen Remaja yang sudah diselenggarakan sebanyak 15 kali ini menjadi ajang pembelajaran dan pendekatan para pelajar dengan sistem politik tanah air.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *