Gempa Bumi Magnitudo 3,0 Guncang Kolaka, Tidak Berpotensi Tsunami

  • Bagikan
Gempa Bumi Magnitudo 3,0 Guncang Kolaka. Foto: Istimewa.
Gempa Bumi Magnitudo 3,0 Guncang Kolaka. Foto: Istimewa.

KOLAKA, SULTRAINFORMASI.COM – Gempa bumi tektonik magnitudo (M) 3,0 skala richter (SR) mengguncang Wilayah Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra), pada Jumat (02/09/2022) sekira pukul 20.27 WITA malam.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sultra menunjukkan bahwa gempa bumi ini terletak pada koordinat 3,98 lintang selatan dan 121.53 bujur timur, atau tepatnya berlokasi di barat laut Latambaga, Kabupaten Kolaka dengan 10 kilo meter (km).

Kepala Stasiun Geofisika Kendari Rudin menjelaskan, gempa bumi ini merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar di barat laut Latambaga.

Rudin menyebut, guncangan gempa bumi ini getarannya dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi ini. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami,” jelasnya melalui keterangan resminya.

“ingga memasuki pukul 21.28 WITA dari hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan,” sambungnya.

Dia pun menghimbau, agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Diharapkan kepada masyarakat juga menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” pesannya.

𝐉𝐚𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐥𝐮𝐩𝐚 𝐤𝐮𝐧𝐣𝐮𝐧𝐠𝐢 𝐛𝐞𝐫𝐢𝐭𝐚 𝐥𝐚𝐢𝐧𝐧𝐲𝐚 𝐝𝐢 𝐆𝐨𝐨𝐠𝐥𝐞 𝐁𝐞𝐫𝐢𝐭𝐚 𝐬𝐮𝐥𝐭𝐫𝐚𝐢𝐧𝐟𝐨𝐫𝐦𝐚𝐬𝐢.𝐜𝐨𝐦, 𝐛𝐚𝐜𝐚 𝐝𝐢𝐬𝐢𝐧𝐢.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.