Jatuh ke Jurang, Pendaki Gunung Popalia Konsel Ditemukan Selamat

  • Bagikan
Tim pencarian saat melakukan evakuasi korban. Foto: Istimewa.
Tim pencarian saat melakukan evakuasi korban. Foto: Istimewa.

KONAWE SELATAN, SULTRAINFORMASI.COM – Yusril (24), pendaki yang dilaporkan hilang misterius di Gunung Popalia, Desa Ranowila, Kecamatan Wolasi, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra), berhasil ditemukan dalam kondisi selamat. Yusril ditemukan di jurang kedalaman 85 meter, pada Senin (26/09/2022) dini hari.

Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi mengatakan, Mahasiswa asal Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Catur Sakti Kendari itu berhasil ditemukan oleh tim pencarian sekira pukul 02.50 WITA.

“Saat ditemukan, korban dalam keadaan lemas dan mengalami cedera area pinggil kanan, punggung dan kaki akibat terjatuh ke jurang dari atas gunung Popalia,” kata Aris Sofingi, pada Senin (26/09/2022).

Aris menuturkan, usai ditemukan di jurang korban langsung dievakuasi. Tim pencarian berhasil evakusi Yusril dari jurang sekira pukul 05.00 WITA.

“Pagi hari, korban langsung dievakuasi turun menuju posko dari ketinggian 325,7 MDPL dengan cara ditandu. Tim pencarian bersama korban berhasil tiba diposko sekira pukul 09.05 WITA,” kata Aris.

“Kemudian, korban langsung dievakuasi menuju Rumah Sakit Bahteramas Kendari untuk mendapatkan penanganan medis lanjutan,” tambahnya.

Dengan ditemukannya korban seluruh unsur yang terlibat dalam pencarian tersebut dikembalikan ke kesatuannya masing-masing.

Unsur yang terlibat dalam pencarian tersebut, di antarannya Rescuer KPP Kendari, Polsek Wolasi, Explorer Sultra, SAR UHO, Sultra Island Care, Komunitas Pejalan kaki dan Masyarakat sekitar.

Diberitakan sebelumnya, mendaki seorang diri Mahasiswa asal Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Catur Sakti Kendari bernama Yusril (24) dikabarkan hilang misterius di Gunung Popalia, Desa Ranowila, Kecamatan Wolasi, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra).

Informasi hilangnya warga Kessilampe, Kota Kendari dibenarkan langsung oleh Plh. Kapolsek Wolasi, Ipda Aldiansyah Asad.

“Iya betul, saya bersama personel dan Camat Wolasi, Basarnas serta sukarelawan sedang melakukan pencarian,” kata Aldiansyah saat dihubungi melalui telephone genggam, pada Minggu (25/09/2022) malam.

Aldiansyah melanjutkan, Yusril memulai pendakian ke Gunung Wolasi, pada Sabtu (24/09/2022).

“Kemarin mendaki, sebelum mendaki dia telah menitipkan kendaraannya kepada warga di Kecamatan Wolasi,” jelas Aldiansyah.

Aldiansyah menambahkan, sebelum menerima informasi tersebut, warga sekitar terlebih dahulu melakukan pencarian.

“Namun, saat itu warga tidak menemukan Yusril. Dia hanya menemukan Hammock dan sendok dilokasi. Diduga milil Yusril,” ujarnya.

𝐉𝐚𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐥𝐮𝐩𝐚 𝐤𝐮𝐧𝐣𝐮𝐧𝐠𝐢 𝐛𝐞𝐫𝐢𝐭𝐚 𝐥𝐚𝐢𝐧𝐧𝐲𝐚 𝐝𝐢 𝐆𝐨𝐨𝐠𝐥𝐞 𝐁𝐞𝐫𝐢𝐭𝐚 𝐬𝐮𝐥𝐭𝐫𝐚𝐢𝐧𝐟𝐨𝐫𝐦𝐚𝐬𝐢.𝐜𝐨𝐦, 𝐛𝐚𝐜𝐚 𝐝𝐢𝐬𝐢𝐧𝐢.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *