Inspiratif! Mengenal Sosok Sahir Pengusaha Muda di Kendari, Miliki Bisnis Properti & Skincare

  • Bagikan
Inspiratif! Mengenal Sosok Sahir Pengusaha Muda di Kendari, Miliki Bisnis Properti & Skincare. Foto: Aldho/sultrainformasi.com.
Inspiratif! Mengenal Sosok Sahir Pengusaha Muda di Kendari, Miliki Bisnis Properti & Skincare. Foto: Aldho/sultrainformasi.com.

KENDARI, SULTRAINFORMASI.COM – Nama Sahir mungkin tidak terlalu familiar di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra). Namun dalam kalangan pengusaha, dirinya termasuk pebisnis yang sukses dan terbilang masih muda.

Bagaimana tidak, pria yang kerap disapa bos Sahir itu kini telah memiliki sejumlah perusahaan, diantaranya, tiga bidang properti perumahan dan satu toko skincare yang digeluti bersama sang istrinya. Saat ini dirinya, sudah meraup omset ratusan juta hingga miliaran.

Profil dan Riwayat Hidup

Sahir lahir di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel), pada tanggal 2 Mei 1990. Dia dibesarkan dari keluarga petani di kampung halamannya.

“Saya dibesarkan dari keluarga yang sangat sederhana di kampung halaman,” kata Sahir saat ditemui sultrainformasi.com, pada Senin (16/01/2023).

Saat dirinya memasuki usia 7 tahun, orang tua Sahir memutuskan merantau ke Sultra tepatnya di Benua, Konawe Selatan (Konsel).

“Saya pun mulai sekolah di Sultra. Saya menyelesaikan SD, SMP dan SMA di Konsel,” kata Sahir.

Singkat cerita, tahun 2010, Sahir memutuskan menikah dengan gadis asal Konsel bernama Asnur. Namun, kesedihan datang dihari pernikahannya, pasalnya dirinya tidak disaksikan oleh ayahnya yang telah meninggal dunia.

Kisahnya Inspiratif

Sebelum dirinya memiliki sejumlah usaha di Kota Kendari, ternyata Sahir berapa kali jatuh bangkrut, tak hanya itu dirinya pun kerap diremehkan setiap ingin memulai bisnisnya. Hal tersebutlah, kisah hidupnya sangat menginspirasi.

“Saya betul-betul memulai bisnis dari nol tanpa modal yang besar, hanya bermodalkan niat serta belajar dari perjuangan orang tua bagaimana cara mengatur uang, bisa dikatakanlah nol modal,” kata dia.

Sahir mengatakan, waktu kecil dirinya memang sudah dilatih dilatih mental, dia suka ikut membantu kedua orang tuanya berjualan.

“Memang dari kecil saya, sudah dilatih mental. Orang tua saya sering ajak saya jual pisang di pasar. Selain itu, saya juga ikut bantu orang tua bertani dan berkebun,” ujarnya sembari mengingat masa-masa lalunya.

Usai menikah dini, Sahir memutuskan meninggalkan rumah mertuanya, dengan niat untuk mandiri bersama sang istrinya.

Sahir mengungkapkan, dalam perjalanannya banyak pengalaman hebat yang didapat, untuk mencari sesuap nasi. Bahkan dirinya pernah diancam senjata tajam (sajam) saat ditagih hutang ratusan juta.

“Waktu pertama merintis, saya pernah berkebun, jual telur, usaha terapi dan ternak ayam tapi itu tak bertahan lama karena lagi-lagi bangkrut,” ungkap Sahir dengan mata yang berkaca-kaca.

Kembali nol modal, pada tahun 2014, Sahir memutuskan berbisnis jual beli minyak nilam dan meraih untung banyak. Namun, lagi dan lagi dirinya ditipu karena minyak tersebut dicampur dengan minyak lain sehingga mengalami kerugian ditaksir Rp600 juta.

“Pengalaman yang tidak bisa saya lupakan, saat saya mengalami kerugian Rp600 juta saat berbisnis nilam. Akibatnya terus ditagih, pernah waktu itu dincam sajam karena saya belum bisa bayar hutang,” jelas dia.

Sosok pria bernama Sahir itu tidak pernah mengundurkan niat untuk berusaha. Untuk membayar sejumlah hutangnya, dirinya pun beralih tempat tinggal ke kota Lulo yakni Kendari, pada tahun 2018.

Awal Mula Kesuksesan Datang

Sembari mengontrak rumah bersama Istrinya. Di Kota Kendari inilah awal mula kesuksesan pria asal Bulukumba itu.

“Setelah beberapa kali bangkrut dan memiliki banyak hutang serta beberapa kali diremehkan oleh orang-orang, saya memutuskan mencari usaha di Kota Kendari,” kata Sahir.

Kata dia, saat menginjakkan kaki di Kota Kendari, Sahir terus memikirkan untuk mencari usaha baru, meski dirinya hanya mengantongi modal dengan jumlah sedikit.

Tak lama kemudian, Sahir melirik usaha properti. Waktu itu, dia membangun hanya 10 unit perumahan tipe 36, dengan modal awal itulah yang diputar.

“Saya memulai bisnis properti saya beri nama Pesona Asri, saat itu saya hanya bangun 10 unit perumahan dan saat itu saya mendapatkan modal Rp1.3 miliar,” ujar dia.

“Uang itulah saya putar terus sembari membangun unit perumahan lagi, sekaligus bayar hutang-hutang saya,” sambungnya.

Singkat cerita, kesuksesan pun datang, diperumahan Pesona Asri milik Sahir itu hingga saat ini sudah terpenuhi dan memiliki 78 unit perumahan.

Alhasil, pria yang memiliki jiwa rendah hati itu kembali membangun usaha properti ditempat berbeda yang tak jauh dari Pesona Asri.

“Setelah lokasi Pesona Asri penuh, tahun 2019 saya kembali bangun usaha Properti, namanya itu Afika Residence,” ungkapnya lagi.

Tahun 2021, pria yang memiliki tiga anak tersebut kebahagiaanya pun tak terbendung, pasalnya rumah yang ia impikan akhirnya terwujud, setelah mengontrak rumah selama 3 tahun lebih.

“Disitu saya bahagia sekali, berterimakasih kepada Allah, beberapa hari air mata saya terjatuh terus,” tangisnya.

Sembari menikmati tempat barunya, Sahir kembali membuka lahan dengan usaha yang sama yaitu bidang properti.

“Saya bangun lagi usaha baru ditempat yang berbeda, kali ini namanya Afika Land. Untuk ditotalkan semua, alhamdulillah saya sudah memiliki 1.600.000 (seribu enam ratus) unit perumahan dari Afika Residence dan Afika Land,” syukurnya.

Halaman utama jalan masuk salah satu usaha properti milik Sahir. Foto: Aldho/sultrainformasi.com.

Tak sampai disitu, tahun 2022, Sahir bersama istrinya membangun sebuah perusahaan baru, yakni usaha toko skincare.

“Saat ini, saya sedang membangun usaha diluar properti. Usahanya itu skincare dengan nama Felycia Glow,” katanya.

Salah satu produk skincare Felycia Glow. Foto: Aldho/sultrainformasi.com.

Datangkan 4 Penyanyi Nasional

Hal yang menarik, untuk launching usaha barunya yakni Felycia Glow dan memperkenalkan usaha propertinya, dirinya pun tak tanggung-tanggung datangkan empat penyanyi nasional dan akan manggung di Eks MTQ Kendari.

Penyanyi itu yakni, Andika Vocalis Kangen Band, Siti Badriah, Dyrga Vocalis Dadali dan Raim Laode.

“Saya memang hadirkan untuk launching Felycia Glow dan perkenalkan properti saya. Insha Allah, konsernya itu, pada Sabtu, 18 Februari 2023 mendatang,” ujar Sahir.

Terkahir dia menyampaikan, sebuah motivasi untuk semua orang.

Intinya luruskan niat, berusaha, berdoa kepada tuhanmu dan jadikan motivasi jika kalian direndahkan oleh orang lain. Jika kamu diatas, tetaplah rendah hati, jangan sombong dan terus dekatkan diri dengan tuhanmu,” tutup Sahir.

𝐉𝐚𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐥𝐮𝐩𝐚 𝐤𝐮𝐧𝐣𝐮𝐧𝐠𝐢 𝐛𝐞𝐫𝐢𝐭𝐚 𝐥𝐚𝐢𝐧𝐧𝐲𝐚 𝐝𝐢 𝐆𝐨𝐨𝐠𝐥𝐞 𝐁𝐞𝐫𝐢𝐭𝐚 𝐬𝐮𝐥𝐭𝐫𝐚𝐢𝐧𝐟𝐨𝐫𝐦𝐚𝐬𝐢.𝐜𝐨𝐦, 𝐛𝐚𝐜𝐚 𝐝𝐢𝐬𝐢𝐧𝐢.

Penulis: Aldho

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.