155 Desa Wisata di Sultra Lolos ADWI 2023, Meningkat Tiap Tahun

  • Bagikan
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumber Sari, Kecamatan Moramo, Konawe Selatan (Konsel) pada ADWI 2022. Foto: Istimewa.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumber Sari, Kecamatan Moramo, Konawe Selatan (Konsel) pada ADWI 2022. Foto: Istimewa.

KENDARI, SULTRAINFORMASI.COM โ€“ Sebanyak 155 desa wisata di Sulawesi Tenggara (Sultra) dinyatakan lolos dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Di Sultra sendiri Desa wisata yang lolos meningkat tiap tahun.

Kepala Dinas Pariwisata Sultra, Belli Tombili mengatakan hal ini perlu diapresiasi karena tiap tahun Desa wisata yang lolos ADWI dari Sultra terus meningkat tiap tahunnya.

“Sejak ADWI diluncurkan tahun 2021 silam, jumlah desa wisata di Sultra yang lolos meningkat dari 18 di tahun 2021, kemudian meningkat menjadi 79 di tahun 2022, dan 155 di tahun 2023,” kata Belli Tombili, Senin (27/02/2023).

Kepala Dinas Pariwisata Sultra, Belli Tombili. Foto: Istimewa.

Belli Tombili mengungkapkan, sebelumnya sebanyak 269 desa mendaftar di Jejaring Desa Wisata Indonesia (JADESTA). Namun, hanya 155 yang lolos sebab ada beberapa Desa pendaftar belum masuk dalam kategori Desa wisata.

โ€œKarena, Desa dinyatakan sebagai Desa wisata jika telah memiliki surat keputusan penetapan sebagai Desa wisata oleh kepala daerah Kabupaten/Kota,” jelasnya.

Eks Penjabat (Pj.) Sekda Kolaka Timur (Koltim) itu membeberkan, Desa wisata yang lolos ADWI 2023 tersebut, nantinya menjalani proses penilaian untuk diklasifikasi ke dalam tiga kategori, yakni 300, 100, dan 75 Desa wisata terbaik.

“Pada Tahun 2022 lalu kategorinya adalah 500, 300, 100, dan 50 desa wisata terbaik, sedangkan tahun 2021 kategorinya 300, 100, dan 50 desa wisata terbaik,” kata dia.

ADWI 2023 bertajuk ‘Pariwisata Berkelas Dunia untuk Indonesia Bangkit (World Class Tourism)’ terdapat lima kategori penilaian yang dilakukan Kemenparekraf untuk menetapkan desa wisata terbaik.

“Yaitu, daya tarik pengunjung, homestay dan toilet; digital dan kreatif; souvenir, serta kelembagaan Desa wisata dan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environmental Sustainability),” ujar dia.

Diapun berharap, tahun 2023 semakin banyak Desa di Sultra yang lolos dalam kategori 75 Desa wisata terbaik.

“Saya juga mengimbau kepada teman-teman di daerah untuk senantiasa mengoptimalkan potensi-potensi wisata di daerah dan ikut dalam ADWI,โ€ pungkasnya

Seperti diketahui, lanjut Belli Tombili pada tahun 2022 terdapat dua desa di Sultra masuk kategori 50 terbaik yakni Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumber Sari, Kecamatan Moramo, Konawe Selatan (Konsel) dan Desa Wisata Limbo, Kecamatan Wolio, Kota Baubau.

๐‰๐š๐ง๐ ๐š๐ง ๐ฅ๐ฎ๐ฉ๐š ๐ค๐ฎ๐ง๐ฃ๐ฎ๐ง๐ ๐ข ๐›๐ž๐ซ๐ข๐ญ๐š ๐ฅ๐š๐ข๐ง๐ง๐ฒ๐š ๐๐ข ๐†๐จ๐จ๐ ๐ฅ๐ž ๐๐ž๐ซ๐ข๐ญ๐š ๐ฌ๐ฎ๐ฅ๐ญ๐ซ๐š๐ข๐ง๐Ÿ๐จ๐ซ๐ฆ๐š๐ฌ๐ข.๐œ๐จ๐ฆ, ๐›๐š๐œ๐š ๐๐ข๐ฌ๐ข๐ง๐ข.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *