Melihat Perubahan Kolaka Utara setelah Dua Dekade Pisah dari Kolaka

  • Bagikan
Perayaan HUT Kolaka Utara ke-20 Tahun diramaikan dengan acara jalan santai. Foto: Istimewa.
Perayaan HUT Kolaka Utara ke-20 Tahun diramaikan dengan acara jalan santai. Foto: Istimewa.

KOLAKA UTARA, SULTRAINFORMASI.COM – Pada tanggal 7 Januari 2004 merupakan hari bersejarah bagi masyarakat Kolaka Utara (Kolut). Sebab, pada tanggal tersebut, Kolut memisahkan diri dari Kabupaten Kolaka yang disahkan dengan UU Nomor 29 tahun 2003 tanggal 18 Desember 2003.

Kini, Kolut kembali merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 tahun tepat pada hari Minggu 7 Januari 2024. HUT julukan Lipu Patowonua di usia kepala dua ini mengangkat tema “CoklatKU, HidupKU, Masa depanKUโ€.

Dihimpun sultrainformasi.com, upacara HUT Kolut ke-20 tahun berlangsung di Lapangan Aspirasi pada Minggu 7 Januari 2024. Dalam kegiatan sakral itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra, Drs. Asrun Lio menjadi Inspektur Upacara.

Sebelum pelaksanaan upacara, diawali dengan pawai dari 15 Kecamatan di Kolut yang menampilkan kekayaan budaya dengan keberagaman pakaian adat untuk mencerminkan harmoni di antara berbagai etnis suku yang tinggal di bawah naungan Bumi Patowanua.

Upacara HUT Kolut ke-20 tahun berlangsung di Lapangan Aspirasi. Foto: Istimewa.

Penjabat (Pj.) Bupati Kolut, Dr. Ir. Sukanto Toding menjelaskan bahwa tema peringatan tahun 2024 yakni menyoroti keunggulan komparatif sumber daya alam yang didukung oleh kreativitas ekonomi, dengan tujuan memperkuat peran Kolaka Utara sebagai pilar penting menuju Indonesia emas 2045.

Dalam dua dekade pisah dari Kolaka, Pj. Bupati Kolut menggarisbawahi perubahan besar dalam pertanian sebagai salah satu keberhasilan Bumi Patowanua dalam dua dekade ini.

Meskipun demikian, mantan Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Sultra menyebut ada tantangan besar muncul dari sektor pertambangan yang tumbuh secara signifikan.

Dia menegaskan pentingnya tata kelola yang bijak terhadap sumber daya alam agar potensi konflik dapat diminimalisir.

โ€œTata ruang yang baik menjadi kunci untuk mengelola dengan bijak semua potensi ekonomi dan sumber daya alam demi keberlanjutan yang lebih baik,โ€ kata Sukanto, Pj. Bupati Kolut, Minggu (07/01).

Sebagai informasi,perayaan HUT dipusatkan di Alun-alun Kirambu, Bypass. Terdapat beberapa hiburan, diantaranya dihadirkan langsung beberapa artis.

Perayaan ini juga diramaikan acara jalan santai digelar pada Sabtu (06/01) yang diikuti ribuan peserta dengan hadiah-hadiah menarik, termasuk dua sepeda motor serta puluhan hadiah hiburan.

๐‰๐š๐ง๐ ๐š๐ง ๐ฅ๐ฎ๐ฉ๐š ๐ค๐ฎ๐ง๐ฃ๐ฎ๐ง๐ ๐ข ๐›๐ž๐ซ๐ข๐ญ๐š ๐ฅ๐š๐ข๐ง๐ง๐ฒ๐š ๐๐ข ๐†๐จ๐จ๐ ๐ฅ๐ž ๐๐ž๐ซ๐ข๐ญ๐š ๐ฌ๐ฎ๐ฅ๐ญ๐ซ๐š๐ข๐ง๐Ÿ๐จ๐ซ๐ฆ๐š๐ฌ๐ข.๐œ๐จ๐ฆ, ๐›๐š๐œ๐š ๐๐ข๐ฌ๐ข๐ง๐ข.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *