Bendungan Ameroro Konawe yang Telan Anggaran 1,57 T Diresmikan Kepala Negara

  • Bagikan
Bendungan Ameroro Konawe yang Telan Anggaran 1,57 T Diresmikan Kepala Negara. Foto: Istimewa.
Bendungan Ameroro Konawe yang Telan Anggaran 1,57 T Diresmikan Kepala Negara. Foto: Istimewa.

KONAWE, SULTRAINFORMASI.COM – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Ameroro di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra). Bendungan yang diresmikan kepala negara ini menelan anggaran Rp 1,57 triliun (T) dengan kapasitas tampung 88 juta meter kubik.

Pembangunan bendungan Ameroro yang dimulai sejak tahun 2020 itu baru diresmikan hari ini, Selasa (14/05/2024).

“Kita sekarang berada di Bendungan Ameroro. Kenapa bendungan ini dibangun? Oleh sebab itu, jangan kita biarkan air terus mengalir ke laut dan tidak kita manfaatkan,” kata Jokowi dalam sambutannya seperti dilihat di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (14/5/2024).

Dalam peresmian itu, Jokowi mengatakan bendungan tersebut dibangun untuk mengatasi krisis air. Menurutnya, saat ini benerapa negara mulai terjadi krisis air atau sulit mendapatkan air.

“Kita sekarang berada di Bendungan Ameroro. Kenapa bendungan ini dibangun? Karena, ke depan air menjadi sesuatu yang penting sekali bagi kehidupan kita, oleh sebab itu jangan kita biarkan air terus mengalir ke laut dan tidak kita manfaatkan,” kata Jokowi dalam sambutannya, Selasa (14/05/2024).

Memakan anggaran besar, Jokowi berharap ada manfaat yang dirasakan masyarakat lewat kehadiran bendungan tersebut juga besar.

“Ini bendungan yang sangat besar sekali dengan luas genangan 398 hektare, dan juga dapat mengurangi banjir mereduksi banjir di wilayah sekitar Konawe ini,” ungkapnya.

“Dibangun dengan biaya Rp 1,57 T, satu setengah triliun, ini duit semuanya. Tetapi kita berharap manfaatnya jauh lebih besar dari uang yang telah dipakai untuk bangun Bendungan Ameroro ini,” tutupnya.

𝐉𝐚𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐥𝐮𝐩𝐚 𝐤𝐮𝐧𝐣𝐮𝐧𝐠𝐢 𝐛𝐞𝐫𝐢𝐭𝐚 𝐥𝐚𝐢𝐧𝐧𝐲𝐚 𝐝𝐢 𝐆𝐨𝐨𝐠𝐥𝐞 𝐁𝐞𝐫𝐢𝐭𝐚 𝐬𝐮𝐥𝐭𝐫𝐚𝐢𝐧𝐟𝐨𝐫𝐦𝐚𝐬𝐢.𝐜𝐨𝐦, 𝐛𝐚𝐜𝐚 𝐝𝐢𝐬𝐢𝐧𝐢.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *