5 Siswi SMAN 4 Kendari Raih Medali Emas pada ajang Internasional di Negeri Jiran

  • Bagikan
5 Siswi SMAN 4 Kendari Raih Medali Emas pada ajang Internasional di Negeri Jiran. Foto: sultrainformasi.com.
5 Siswi SMAN 4 Kendari Raih Medali Emas pada ajang Internasional di Negeri Jiran. Foto: sultrainformasi.com.

KENDARI, SULTRAINFORMASI.COM – 5 siswi SMAN 4 Kendari berhasil meraih medali emas pada ajang kejuaraan internasional yang diselenggarakan di Malaysia julukan negeri jiran. Kelima siswi itu membawa riset tentang pemanfaatan bunga putri malu sebagai obat pencegah kanker.

Para siswi SMAN 4 Kendari tersebut mengikuti ajang World Young Inventors Exhibition (WYIE) 2024 di Kuala Lumpur, Malaysia. Ajang WYIE 2024 itu digelar di Kuala Lumpur Convention Centre, pada 16 hingga 18 Mei 2024.

5 siswi SMAN 4 Kendari yang membawa harum nama daerah ini, terdiri dari Nilah Tri Midayanti, Neysa Natania Love Firdaus, Agni Kinargianti, Tazkiratul Auliya, dan Aliyah Dwi Meisya. Kelimanya saat ini tengah duduk di bangku kelas 11.

Salah siswi yang menjadi delegasi SMAN 4 Kendari, Nilah Tri Midayanti, mengatakan kompetisi Internasional ini merupakan event tahunan yang diikuti oleh 15 negara.

Dirinya bersama 4 temannya membawa inovasi berupa pemanfaatan Putri Malu sebagai suplemen pencegah kanker. Putri malu tersebut diubah menjadi suplemen dengan cara mengeringkan putri malu terlebih dahulu, lalu dimaserasi dan di ekstrak.

Kemudian hasil ekstraksi dari sari putri malu tersebut dibuat menjadi bubuk, dan dimasukkan ke dalam kapsul.

“Kami lakukan penelitian ini sejak satu tahun lalu, tetapi untuk proses di Laboratoriumnya selama 6 bulan,” kata Nilah Tri Midayanti kepada media ini, Senin (27/5/2024).

Nilah menyampaikan putri malu ini dipilih sebagai bahan penelitian karena masih jarang dimanfaatkan khasiatnya oleh masyarakat sekitar.

“Putri malu ini memiliki khasiat sebagai obat, khususnya sebagai pencegah kanker dan mudah ditemukan dilingkungan,” jelasnya

Dirinya berharap dengan adanya penelitian ini bisa mengedukasi masyarakat bahwa putri malu ini kaya akan antioksidan yang bisa mencegah kanker.

Para siswa berprestasi tersebut sudah melakukan pertemuan dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), Sulawesi Tenggara (Sultra) dimana kelimanya dijanjikan menerima beasiswa untuk melanjutkan pendidikan.

𝐉𝐚𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐥𝐮𝐩𝐚 𝐤𝐮𝐧𝐣𝐮𝐧𝐠𝐢 𝐛𝐞𝐫𝐢𝐭𝐚 𝐥𝐚𝐢𝐧𝐧𝐲𝐚 𝐝𝐢 𝐆𝐨𝐨𝐠𝐥𝐞 𝐁𝐞𝐫𝐢𝐭𝐚 𝐬𝐮𝐥𝐭𝐫𝐚𝐢𝐧𝐟𝐨𝐫𝐦𝐚𝐬𝐢.𝐜𝐨𝐦, 𝐛𝐚𝐜𝐚 𝐝𝐢𝐬𝐢𝐧𝐢.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *